Tuesday, March 24, 2009

COVENANT (Ikat Janji) bag. 3

“Covenant is Life Long Committed Relationship” di mana merupakan komitmen ikat janji yang tidak akan pernah bisa diputuskan. Sama seperti kita ditempatkan Tuhan di sebuah gereja lokal ini, dan ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, kita semua menjadi satu keluarga rohani.

2 hal Covenant yang penting :
1. Covenant kepada Tuhan
Covenant ini terjalin diawali sewaktu kita menerima Yesus sebagai Tuhan & Juru Selamat. Tuhan yang punya inisiatif lebih awal untuk menjalin covenant dengan kita dan Tuhan memberikan janji hidup yang kekal ketika kita menerimaNya (Yoh 3:16) dan Tuhan tidak pernah lalai menepati janjiNya (2 Petrus 3:9).
2. Covenant kepada sesama manusia
Matius 22:39 “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Covenant kepada sesama manusia bicara tentang covenant kita dengan sesama di gereja lokal / keluarga rohani. Pertanyaannya : “Mengapa kita membutuhkan sebuah keluarga rohani? dan apa Tujuan Gereja?”

Ada beberapa hal mengapa kita membutuhkan sebuah keluarga rohani.
Menunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah murid Kristus. Ketika kita saling mengasihi sesama keluarga rohani kita telah menjadi saksi bahwa kita adalah murid Tuhan (Yoh 13:34-35).
Supaya kita keluar dari keterasingan dan rasa mementingkan diri sendiri. Kita sebagai tubuh Kristus jangan sampai pecah, tetapi menjadi anggota yang saling memperhatikan (1 Kor 12:25-26)
Agar kita dapat dibantu untuk bertumbuh dan dibangun.
Tubuh Kristus membutuhkan kita, karena Tuhan telah mengaruniakan kita masing-masing roh untuk kita saling membangun.
Supaya kita bisa ambil bagian dari misi Kristus di dunia yaitu menyelamatkan orang tidak percaya dan menjadikan mereka sebagai muridNya. “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” Efe 2:10
Untuk menjaga kita dari kemunduran. “Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa” (Ibr 3:13). “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.” Gal 6:10
Memberikan perlindungan rohani. Di dalam keluarga rohani kita mempunyai otoritas rohani yang memberikan kita “tudung rohani” yang melindungi kehidupan kerohanian kita.

Lima Tujuan Gereja.

Penyembahan, karena kita diciptakan untuk menyembah
Persekutuan
Pemuridan, dibantu untuk menguatkan (Mat 28:19)
Pelayanan, untuk menemukan karunia kita dan supaya kita saling melayani.
Penginjilan, ini adalah misinya Kristus dan gereja yang harus menjalankannya.

(dikotbahkan Ps. Dr. Pingkan Sihite, 15 Maret 2009)

No comments: