Monday, April 6, 2009

COVENANT = COMMITMENT

Matius 22:36-38

Sebuah Covenant tidak akan ada sebelum ada Komitmen. Di jaman dahulu, jika seseorang ingan membuat suatu ikatan Covenant dengan orang lain, maka harus ada pengorbanan darah yang diambil dari tangan kedua orang tersebut. Ini disebut dengan “Blood Covenant”. Jika seseorang melanggar perjanjian Covenant ini, maka orang tersebut harus mati. Jadi “Blood Covenant” ini dipandang oleh orang sebagai sesuatu yang Sakral dan Kudus. Murid-murid melakukan ikatan “Covenant” dengan Yesus Kristus ketika mereka meminum anggur di Perjamuan Terakhir. Covenant itu yang membuat murid-murid rela meng- akhiri hidupnya sebagai martir. Karena mereka tahu bahwa mereka sudah menjadi satu dengan Yesus dan hanya maut yang bisa memisahkan kasih mereka kepada Yesus.

Ada 5 Komitmen penting yang Tuhan mau temukan dalam kehidupan kita:

Komitmen mengasihi Tuhan lebih daripada yang lain.
(Love the Lord your God with all your heart)
Tuhan ingin kita memiliki komitmen untuk mengasihi Dia lebih daripada yang lainnya. Tuhan rindu supaya kita bisa fokus pada hubungan kita dengan Kristus lebih daripada keluarga, teman, pekerjaan, dan yang lainnya. "Hubungan" mendahului "Fasilitas".

2. Komitmen memiliki belas kasihan kepada orang lain. Luk 10:37
(Love your neighbor as you love yourself)
Tuhan mau supaya kita memiliki komitmen memiliki belas kasihan kepada orang lain. Alkitab berkata kepada kita bahwa jika kita menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan yang akan membalas perbuatan kita. Jika kita menabur, pasti akan menuai berlipat kali ganda. Orang Samaria adalah gambaran orang yang memiliki komitmen berbelas kasihan kepada sesamanya.

3. Komitmen bertumbuh secara rohani melalui Firman.
(Komitmen - spiritual growth through the Word of God)
Yoh 14:21-24 -> Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”
Setiap orang yang membuka dirinya terhadap firman Tuhan, hidupnya semakin hari akan semakin lebih kuat dari orang-orang yang menjalani hidupnya dengan biasa-biasa saja.

4. Komitmen kepada keluarga. (Commitment for the family)
I Tim 3:15 -> Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.
Setiap keluarga yang menaruh komitmen di dalamnya, keluarga itu pasti akan menjadi sejahtera bahkan menjadi teladan bagi keluarga lainnya. Demikian juga dengan keluarga Allah dalam gereja lokal. Jika kita berkomitmen untuk tertanam dalam satu gereja lokal, maka Tuhan pun akan berkarya dalam kehidupan kita.

5. Komitmen untuk melaksanakan Amanat Agung. (Commitment for the great commission)
Mat 28:18-20 …. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.“
Siapapun yang bersedia berkomitmen melaksanakan Amanat Agung Yesus Kristus, ketahuilah, tidak hanya upah yang Tuhan berikan tetapi juga kuasa dan karunia daripada Tuhan akan memperlengkapi kita untuk dapat menggenapi setiap firman-Nya.

(dikotbahkan Ps. Steven H. 22 Maret 09)

No comments: