Tuesday, September 9, 2008

Anugerah part II

Orang sulit belajar untuk menerima anugerah Tuhan. Yang membuat orang sulit mengerti anugerah adalah karena adanya ketakutan. Ketakutan adalah dasar yang memisahkan menusia dari Tuhan. Dimana ada ketakutan maka disitu akan menjadi “taman” berkumpulnya Iblis. Begitu banyak hal yang membuat kita takut: takut akan masa depan, takut kekurangan, takut ditolak, takut kehilangan teman, takut ditinggalkan dll. Dan ketakutan itu adalah ROH. Baca: 2 Timotius 1:7.

“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang
membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.”

Kelemahan manusia yang paling dasar adalah ketakutan. Kapan ketakutan masuk dalam hidup kita? Ketika manusia jatuh ke dalam dosa. Contoh: Sewaktu Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, maka mereka mulai takut dan bersembunyi, lalu mencoba menutupi ketakutan mereka dengan daun (topeng). Akhirnya mereka saling menuduh satu dengan yang lain.

1. Selama manusia menyimpan dosa, dia tidak akan lepas dari ketakutan.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Yak 5:16
Kebanyakan orang lebih menyukai ayat 16b yang berbunyi: doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Tetapi kita harus tahu bahwa ada ayat penting sebelum ayat itu. Yaitu: hendaklah kamu saling mengaku dosamu. Tanpa pengakuan dosa, maka kita masih hidup di dalam ketakutan dan doa kita juga tidak mempunyai kuasa.

2. Ketakutan yang bukan dari Allah - bukan perasaan
Cth : Kisah 12 pengintai yang ditugaskan Musa untuk mengintai Tanah Kanaan. Saat mereka kembali 10 orang menyebarkan roh ketakutan kepada seluruh bangsa Israel. Hanya Yosua dan Kaleb yang tidak membiarkan ketakutan menguasai mereka.

3. Injil adalah kekuatan Allah.
Anugerah sudah terjadi sejak permulaan jaman. Jangan pernah mengatasi masalahmu dengan kekuatanmu. Gunakan Firman Tuhan untuk mengalahkan ketakutan.

4. Manusia bisa takut karena tidak percaya kepada Allah
Contoh: murid-murid Yesus yang ketakutan ketika badai menghantam perahu mereka. Sedang Yesus hanya tidur.

No comments: