Thursday, February 26, 2009

ZAKHEUS

Lukas 19:1-10

Beberapa fakta tentang Zakheus:
1. Ia adalah seorang PEJABAT.
Zakheus adalah seorang yang mempunyai pengaruh yang besar di tengah-tengah masyarakat. Pertanyaannya bagi kita adalah: Apa posisi kita di tengah-tengah masyarakat? Apakah kita bisa melihat kesempatan untuk menjadi berkat di sekitar kita dengan menggunakan posisi kita?
Kemampuan bisa membawa kita ke tempat tertinggi, tapi hanya karakter yang bisa membuat kita bertahan di posisi tsb.

2. Dia seorang yang KAYA.
Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya. 1 Tim 6:17-19
Pastor Rick Warren adalah seorang pendeta yang tiba-tiba mendadak menjadi kaya karena bukunya “Purpose Driven Life” terjual 15 juta copy di seluruh dunia. Lantas apa yang ia lakukan dengan kekayaannya? Salah satunya adalah dia memberikan perpuluhan kepada Tuhan 90% dan dia hanya hidup dari 10% penghasilannya. Dia juga mengembalikan gajinya selama 24 tahun kepada gereja.
Berapa banyakkah kekayaan kita? Apakah yang akan kita lakukan dengan kekayaan kita?
Perempuan-perempuan ini melayani rombongan Yesus dengan kekayaan mereka. Luk 8:3

3. Dia berani kehilangan REPUTASI
Dia berani memanjat pohon demi melihat Yesus, tanpa peduli jika dia dicemooh org lain. Zakheus tidak mempedulikan reputasinya demi dia bisa mengenal Yesus. Zakheus tidak mau menyenangkan manusia, tapi dia hanya mau menyenangkan Tuhan.

4. Dia seorang yang TULUS
Ketulusan Zakehus terlihat ketika dia mengatakan bahwa setengah dari hartanya akan diberikan kepada orang miskin dan dia akan mengganti 4 kali lipat jika ada orang yang pernah diperas olehnya.
Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia. Amsal 8:35

(dikotbahkan Ps. Dr. Marganti Sihite, 8 Feb 09)

No comments: