Thursday, December 4, 2008

"Tuhan menjadikan segalanya baik"

Mereka takjub dan tercengang dan berkata: "Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata." Markus 7:37

Tuhan menjanjikan hidup kita menjadi baik. Tapi mengapa masih ada orang Kristen yang hidupnya tidak menjadi baik? Penyebab utamanya cuma satu, yaitu Dosa. Dosa adalah racun, yang bisa secara perlahan membunuh kehidupan rohani kita. Kebimbangan atau mendua hati itu adalah gerbang dari dosa. Jika kita menginginkan kehidupan kita menjadi lebih baik, kita harus Bertobat. Bertobat artinya adalah mati terhadap dosa, bukan hanya sekedar berbalik dari jalan-jalan yang jahat. Sifat dari dosa adalah mengikat dan terus menerus berkembang biak di dalam diri seseorang.

Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk." Yoh. 5:14. Jika kita telah dipulihkan oleh Tuhan melalui penebusan Kristus, maka jangan lagi kita berbuat dosa, karena akan bisa terjadi hal yang lebih buruk dalam kehidupan kita.

Di dalamYesaya 59 dikatakan bahwa Dosa adalah penghambat keselamatan. Untuk itu kita harus membersihkan pikiran kita dari hal-hal yang kotor. Pikiran yang kotor tidak bisa kita tengking, tapi bisa kita tukar dengan Firman Tuhan. Banyak orang berkata bahwa tidak mungkin kita tidak berdosa. Kata siapa? Firman Tuhan berkata di dalam Roma 6:7 bahwa siapa yang telah mati telah bebas dari dosa. Jadi jelas bahwa setiap orang Kristen bisa bebas dari dosa. Proses baptisan air adalah lambang dari penyaliban. Jika kita sudah dibaptis maka maut tidak punya kuasa lagi. Dan kita telah mati satu kali sampai selamanya.

Untuk bisa menang atas dosa kita perlu:
1. Pertolongan roh kudus.
2. Hidup di dlm komunitas (Kelompok Sel)

(Kotbah Ps. Yusuf Rahman, 26 Oktober 08)

No comments: